Sisindiran Budaya Terlupakan

Kala postingan Tentang Si Kabayan telah menjadi inspirasi untuk berbagi selanjutnya. Sekarang saatnya mengembalikan satu budaya yang telah terlupakan dari keseharian orang sunda kebanyakan , yaitu Sisindiran , Pantun sunda pengertiannya berbeda dengan Pantun melayu , Pantun melayu semakna dengan sisindiran sunda yaitu puisi yang terdiri atas dua bagian : sampiran dan isi . Sedangkan pantun sunda adalah seni pertunjukan . Pantun adalah cerita tutur dalam bentuk sastra sunda lama yang disajikan secara paparan ( prolog ) , dialog , dan seringkali dinyanyikan oleh tukan pantun dengan iringan kecapi yang dimainkan sendiri.
Dan malam ini ketika ada jadwal on air ( radiostrifm ) membawakan acara Bordir ( Bobodoran Sisindiran )  telah menjadi inspirasi buat kembali mengingatkan urang sunda khususnya dan umumnya semua indonesia untuk selalu menjadi pelestari budaya.

Ada sedikit senyum ketika membacakan sms dari rencang ( untuk sebutan fans ) yang berpartisipasi memberikan sisindiran nya.

" Meuncit meri dina rakit , Boboko wadah bakatul - Lain nyeri kupanyakit kabogoh di rebut batur
Kalau diartikan maksudnya " Bukan sakit karena penyakit tapi pacar di ambil orang "

Sisindiran itu merupakan yang paling melegenda di antara sisindiran yang lainnya , bahkan pertama kali aku mengenal sisindiran , sisindiran itulah yang aku hafalkan.

Beberapa sisindiran :
Jaka Sembung ngalaan calana 
Asalamualaikum sadayana

Kutu anying jadi supir 
tumila jadi wadana 
Kudu eling tur mikir
hirup didunya moal lila

jauh jauh nyunyuhun awi 
di jieun boboko ge moal 
jauh-jauh ngajak seuri 
di jien kabogoh ge moal 

cikaracak ningan batu 
laun-laun jadi legok 
tai cak-cak ningang huntu 
laun-laun dilebok wkwkwk

Papatong enteup na regang 
di cepret ku karet geulang
tong deket jeng egang
bisi di dempet teu bisa hudang

Saninten buah saninten 
dibawa kaparapatan
hapunten abdi hapunten
bilih aya kalepatan 

masak kangkung di dapur
Asalamualaikum dulur
Mudah-mudahan postingan kali ini menjadi pengingat buat orang sunda untuk tidak melupakan kebudayaan sisindiran

54 komentar:

EKA IKHSANUDIN mengatakan...

mantaaaap, rek di copy ah hehehehhee...

Dede Thea mengatakan...

kaso pondok,kaso panjang,kaso ngaroyom ka jalan,
sono mondok,sono nganjang,sono patepang di ( blog ) jalan

dering kita mengatakan...

" Meuncit meri dina rakit , Boboko wadah bakatul - Lain nyeri kupanyakit kabogoh di rebut batur "

aduh kang eta meni nyelekit pisan... kalaman ku "dewek" pisan.. hihihihi

miz tia mengatakan...

ora paham :D .

budi os 19 mengatakan...

butuh translate sunda...abdi akang.... :)

Indah P mengatakan...

wow...puisinya bagus banget mas, bikin sendiri itu puisinya?
sampai2 saya baca sambil menangis .....

nurcahyaku10 mengatakan...

Makasih kunjungannya

khebo mengatakan...

Ka Bandung meuli kaliki, hayang leupeut ditogean
Kaduhung boga salaki..., hayang leupeut ditogean ... (heuheuuu teu wasssaaa...)

Lina Gustina mengatakan...

Jadi senyum2 sendiri :D

www.1sthappyfamily.com

EKA IKHSANUDIN mengatakan...

abdi mah bisana mung ieu kang,, Buah jeruk buah kedondong, ngopiiiiii dooongg ..... xixixiiii

Yono Karyono mengatakan...

tiasaan kang dede euy hehehe

Yono Karyono mengatakan...

sae euy sisindirana akang...

Jalan - jalan ka Cianjur nincak batu ngajelegur

Hanas kuring meuli bajigur di ambeuan bau.....
hehehehe mangga ah teraskeun

Indah P mengatakan...

Berkunjung di malam minggu ke blog sahabat terbaik sambil mendoakan semoga si admin selalu sehat wal 'afiyat. Insya Allah Aamiiin :)

Yono Karyono mengatakan...

Berkunjung ke blog sahabat.. Kini2 kuang2 Getok2 peupeundeuya.. Nini urang subang.. Peupeureudeuyan hehe

Penyuluh Perikanan mengatakan...

Budaya gak boleh dilupakan. karena tanpa budaya kita bisa rusak kawan
postingan yg bermanfaat sekali
terima kasih sudah berbagi

HASAN BASRI mengatakan...

Terima kasih kunjungannya

Indah P mengatakan...

berkunjung di pagi hari

Citimaxiss Belajar Saham mengatakan...

Selamat malam..datang berkunjung

kembar rio mengatakan...

urang-urang kitte kitee lama lama jdi org kite...

Ina Amalia mengatakan...

Lama nih aku tidak berkunjung disini...sukses kawan

Yono Karyono mengatakan...

berkunjung disini sambil sisindiran

Indah P mengatakan...

Ada bingkisan dari saya, silahkan di ambil ya mas

Miz Tia mengatakan...

datang kembali.

EKA IKHSANUDIN mengatakan...

Hadir disini dgn Link Baru Kang xixiii... Mutasi ke SD nu enggal hehe... :)

Bobby Poerwana mengatakan...

Hadiir juga disini.

Kang Farhan mengatakan...

hehe....asik juga nih bang saya me nyimak budaya sisindirannya..mantep

Ruly Karuhun mengatakan...

Mangga kang lah komo copy na di kopian haha

Ruly Karuhun mengatakan...

kitu kang anu sok seer mondok mah hehe

Ruly Karuhun mengatakan...

haha karunya pisan atuh .. sabar jang ah

Ruly Karuhun mengatakan...

pasti ini bahasa sangsekerta heuheu

Ruly Karuhun mengatakan...

duh gimana ya mas bud translate nya lagi ngeror ieu teh heuheu

Ruly Karuhun mengatakan...

haha bukan puisi ndah .. kamu nangis nya gara-gara gak ngerti bahasanya ..

Ruly Karuhun mengatakan...

makasih kembali sob

Ruly Karuhun mengatakan...

hahaha atuh naha teu jentrekeun wae bah ...

Ruly Karuhun mengatakan...

pasti pas baca yang cikaracak eta mah heuheu

Ruly Karuhun mengatakan...

jaka sembung makan peteuy .. bau meren hehe
mangga atuh kang urang ngopi hehe

Ruly Karuhun mengatakan...

bau naun mang ???
bau bujur sanes hehe ...

Ruly Karuhun mengatakan...

amien mudah-mudahan terqobulkan .. sebaliknya semoga indah juga dalam keadaan sehat walafiat amiennn

Ruly Karuhun mengatakan...

peupeuredeuyan kunaon atuh mang jiga nu dibekok wae hehe

Ruly Karuhun mengatakan...

benar mas jadikan budaya kita sebagai acuan untuk kebesaran negara kita .. maka jagalah selalu budaya kita ... merdeka

Ruly Karuhun mengatakan...

terimakasih kembali pak hasan

Ruly Karuhun mengatakan...

makasih ndah

Ruly Karuhun mengatakan...

malam kembali sahabatku

Ruly Karuhun mengatakan...

hehe bisa aja neh sobat

Ruly Karuhun mengatakan...

terimakasih atas kunjungan .. semoga sukses selalu

Ruly Karuhun mengatakan...

sumangga mang hehe

Ruly Karuhun mengatakan...

terimakasih nanti saya ambil ndah ...

Ruly Karuhun mengatakan...

kembali datang hehe

Ruly Karuhun mengatakan...

siap nanti di gentos kang .. atos atuh ah tong di mutilasi wae hehe

Ruly Karuhun mengatakan...

nuhun sudah hadir mas bob

Ruly Karuhun mengatakan...

terimakasih .. atas suport dan kunjungan nya

Yono Karyono mengatakan...

tah leres kitu kang heheheeh

Budi Siswanto mengatakan...

Perlu dilestarikan nih... tapi orangnya apa puisinya yang dilestarika hehehee... canda Gan...

Hendy motisyan mengatakan...

cibiru cinangka aya cangkut sengit pisann ,
Aya istri gogoakan buru buru di asupken .hhaaa

Posting Komentar