Sunda Kiwari

Pareumen Obor satu istilah untuk menggambarkan sebuah jalinan yang begitu lama jauh , terpisah atau tak terjalin , istilah itu menjadi gambaran yang tepat saya fikir untuk menggambarkan kondisi generasi muda sunda sekarang . Generasi sunda kiwari ( Generasi Sunda Sekarang ) tampak kegelapan atau tertatih-tatih dalam mengenali dan memahami nilai-nilai kebudayaan dan kesenian kesundaan.


Nilai - nilai tradisi sunda dapat dibagi dua : Pertama , nilai tradisi sunda yang terkandung dalam Explicit Knowledge ( Pengetahuan yang tersurat ) , seperti pribahasa , dongeng , sisindiran dan naskah-naskah kuno.

Kedua , nilai tradisi sunda yang bersumber dari Tacit Knowledge ( Pengetahuan yang Tersirat ) Pengetahuan ini yang terdiri dari pola pikir , sikap dan kearifan orang sunda dalam menghadapi dan mengatasi masalah kehidupan nya.

Pewarisan budaya sunda tentu harus mengutamakan keduanya , Sayangnya , hal tersebut tampak masih jauh dari harapan . Dari segi pengetahuan tersurat , akses informasi untuk mengetahui dan mempelajari khazanah kebudayaan sunda masih kurang.

Pertanyaan untuk orang sunda
Kenapa nama kepulauan sunda besar dan sunda kecil lenyap dari peta. Hanya selat sunda yang tersisa .Mengapa Rhinoceros sundaicos sering di terjemahkan menjadi Badak Jawa bukan Badak Sunda

22 komentar:

Indah P mengatakan...

lah...sunda itu kan ada di jawa juga toh? makanya badaknya di ganti dgn badak sunda

Yono Karyono mengatakan...

Kepulauan Sunda Besar adalah sekumpulan/gugusan pulau di Indonesia bagian Barat yang meliputi: Kalimantan atau Borneo, Jawa, Sulawesi, Sumatra,Gugusan ini secara politis terbagi antara Indonesia, Brunei, dan Malaysia.
Kepulauan Nusa Tenggara atau Kepulauan Sunda Kecil (sekarang kadangkala digunakan dalam peta-peta geografis dunia) yang meliputi :gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Jawa, dari Pulau Bali di sebelah barat, hingga Pulau Timor di sebelah timur. Pulau Wetar yang merupakan bagian dari wilayah Provinsi Maluku secara geologis juga termasuk dalam kepulauan Nusa Tenggara.
Nah begitu kira - kira.... jadi Kesimpulannya Pulau Sunda tetap Ada heheheh

kamarsebelah mengatakan...

Nice infoo om :D

M. Alex Joenaedi mengatakan...

wah mancapppppppp,,,,

Nu jelas artikelna mantap pisan aslina masbro, hehhehhehe

EKA IKHSANUDIN mengatakan...

mantaaap kang artikelnya, saya malah baru tau nih ... nice info kang :)

Dede Thea mengatakan...

Bener pisan Mang Yono,hebat euyy meni apal gugusa-gusan kitu hehehe,,,

Lina Gustina mengatakan...

Saya banyak belajar nih.

www.1sthappyfamily.com

Penghuni 60 mengatakan...

wah, baru nemu blog yg ngbahas tentang sunda, aku paling suka dgn bahasa sunda, bahasanya halus bgt.
^_^
salam knl ya, aku follower 21

Dede Thea mengatakan...

Selamat wengi Ujang Ruly anu pangkasepna sacianjur,,,

EKA IKHSANUDIN mengatakan...

aku datang kang :)

Yono Karyono mengatakan...

Nuju disakola smp kapungkur di ajarkeun ku ibu guru, kang hehe..

Yono Karyono mengatakan...

Sor kapayun .. Sok emut ka jaipongan ari ngadangu senggolan ... Hehehe

Indah P mengatakan...

wah....yang punya Blog ternyata Nikah. Selamat yah?
Mudah2an menjadi keluarga yg sakinah ..
Aamiiin

Yono Karyono mengatakan...

yang betul mbak Indah.... kok nggak ada undangannya ya

Dede Thea mengatakan...

bukan badak mbak itumah budak hihihi

Indah P mengatakan...

ndak tau mang....kenapa kita ndak di undang. apa mas ulin tau klw kita makannya banyak yah? hohohooh

Dede Thea mengatakan...

selamat pagi kang bro selamat beractivitas

Indah P mengatakan...

habis nikah langsung lemes....ndak bisa bikin posting baru lagi. hahaha

EKA IKHSANUDIN mengatakan...

iya kli mba... :) atau jgn2 lgi bln madu xixiii ....

Indah P mengatakan...

Assalamualaikum....apa kabar mas?
mudah2an sekeluarga diberikan sehat wal afiat

M. Alex Joenaedi mengatakan...

huhuyyyyyyyyyyyyy
aya-aya wae tah mang kemed bawa anak sadua-dua, wkkwkwkkwk
kumaha damang juragan........????

Ruly Karuhun mengatakan...

haha lain mang kemed tapi si pidin heuheu
alhamdulillah danget ayeuna mah jag-jag kang .sawangsulna atuh hehe

Posting Komentar