Sedikit Belajar Bahasa Sunda

Setelah kemaren membahas tentang Kujang Senjata Tradisional Sunda  sekarang sedikit mengenal bahasa sunda . Bagi sahabat yang tidak mengerti bahasa sunda tentu akan geli ketika mendengar percakapan orang sunda, karena bahasa yang di ucapkan terdengar aneh dan asing .


Bahasa Sunda adalah sebuah bahasa dari cabang Melayu-Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia . Bahasa ini dituturkan oleh sekitar 34 juta orang ( Sekitar 1 juta orang diluar negeri ) dan merupakan bahasa dengan penutur terbanyak kedua di indonesia. Dari segi linguistik , bersama bahasa baduy , bahasa sunda membentuk rumpun bahasa sunda, yang dimasukan kedalam rumpun Sunda -Sumbawa.Sejarah dan penyebarannya bahasa sunda dipertuturkan di sebelah barat pulau jawa, di daerah yang dijuluki Tatar Sunda / Pasundan .wikipedia

Dan bagi sahabat yang ingin mengenal sedikit tentang bahasa sunda yang diterjemahkan kedalam bahasa nasional saya berikan beberapa istilah saja . Dan tentu setiap daerah pasundan memiliki bahasa yang berbeda-beda , kesempatan kali ini saya terjemahkan dalam penuturan bahasa sunda di daerah Cianjur.

Haturnuhun : Terimakasih
Atos : Sudah
Dongkap : Datang
Ka Rorompok : Ke Rumah
Mangga : Silahkan
Kalebet : Ke Dalam
Aya-aya : Ada
Leueuten : Hidangan/Cemilan
Sareng : Dengan
Cai : Air
Herang : Putih
Kumaha : Bagaimana / Gimana
Damang : Sehat
Kaayaan : Keadaan
Salira : Kamu/Anda
Ayeuna : Sekarang 

Ini beberapa penuturan Ghalib/Guyub atau bahasa keseharian dengan tingkat kesopanan yang lumayan/Sedang dan bisa di jadikan penuturan bahasa untuk orang yang lebih tua , sesama atau yang lebih muda dari kita.

Kenapa bahasa sunda disebut kedua terbanyak dalam penuturan bahasanya ?? Untuk menuturkan satu karakter saja bisa beberapa bahasa :

Contohnya untuk kalimat Makan
Dengan bahasa Lemes ( Sopan ) = Tuang atau Neda , tergantung kepada siapa kita akan memakainya
Dengan bahasa garihal ( Kasar ) = Dahar , Nyatu , Lelebok , Ngawadang , Jajablog , Lolodok .

Tah sakitu nu kapihatur , malah mandar janten panambih ilmu pikeun urang sadayana 
Punten bilih aya bahasa anu te sapagodos sareng tetekon , maklum urang sunda nu teu nyakola

Kurang lebih kalau diartikan seperti ini :

Nah itu yang bisa dipersembahakan . mudah-mudahan bisa menjadi penambah ilmu untuk kita semua
Maaf kalau ada bahasa yang tidak sesuai dengan aturan/ketentuan , maklum orang sunda yang tidak berpendidikan



45 komentar:

Dede Thea mengatakan...

Punten we rada telat ,,,kumargi kegiatan di DUTA meni ngantai janten riweuh pisan hehehe,,,

Ruly Karuhun mengatakan...

Keun we kang sibuk mah nupenting kahartos hehe ...

Lina Gustina mengatakan...

Suami orang Jateng, dulu dia pernah liat tulisan di daerah puncak : Mangga Cobian. Dikiranya jenis mangga baru :D

www.1sthappyfamily.com

EKA IKHSANUDIN mengatakan...

asik, dapat referensi lagi tentang Basa sunda nih, maaf kang baru bisa hadir, udah ada 3 hari lagi gak sehat nih kang, jdi ga sempet BW ... :)

Yono Karyono mengatakan...

punten ah bade nganjang, mung rada telat kang.... masih aya keneh kopi kang heheh

Ruly Karuhun mengatakan...

Surabi haneut akang MANGGA COBIAN badag munu'u akang ukur sarebu hehe
Lucu teh lina hehe

Ruly Karuhun mengatakan...

hatur lumayan kang ... owh mudah2n we atuh sing tereh maot ( eta panyakitna ) di doaken pisan kang sing engal jag-jag welejag meh tiasa ngopi dai .. sim kunir ge kamari kabancang saminggu tapi alhamdulilah ayeunamah sehat kang

Ruly Karuhun mengatakan...

mangga keun rada telat ge nu penting panjang .. panjang babarayaan mang yono ..
kaleresan aya sakeler deui mangga atuh urg tinyuh ah mang

Yono Karyono mengatakan...

haturnuhun sateuacana.... sakantenan sareng beuleum jagongna kang

Indah P mengatakan...

kalau bhs jawa atos itu artinya keras ( bisa makanan / benda)



Indah P mengatakan...

Nah kalau kalimatnya panjang kek gini pasti ini ngomong jorok...hohohoho

Ruly Karuhun mengatakan...

Kang Yono : aya kang .. ke urang ka goah heula kamarimah aya dina parako hahaha
Indah : kata siapa ?? kita lagi bicarain kopi sama jagung hehe

Ruly Karuhun mengatakan...

Owh gitu to .. ko beda banget ya padahal sama-sama jawa

Yono Karyono mengatakan...

kang Ruly: euleh na parako mah jagong kolot atuh ... sieun ompong jagong kolot mah kang.
Mbak Indah : ini ngomong masalah makanan mbak, mentang mentang ada kalimat telat dikiranya gituan yach ... hehehhe

Miz Tia mengatakan...

artinya apa .

Miz Tia mengatakan...

betul.........
misalnya besi atos pisan = pisan (sunda) banget ya kan?? :D
.

Miz Tia mengatakan...

sunda dan jawa bhsa mirip mirip ya..
aku punya sodara orang sunda jadi sempat berlibur kesana :)
.

Achmad Bagus mengatakan...

dapat ilmu lagi nih .. nice blog

Prayoga_krisna mengatakan...

Ilmu yang bermanfaat nih sobat terima kasih sudah berbagi

Ruly Karuhun mengatakan...

bahas mirip cuma terkadang artinya beda MT ..
emang dimana ??

Ruly Karuhun mengatakan...

terimkasih sob atas kunjungan nya

Ruly Karuhun mengatakan...

terimakasih kembali sob

Ruly Karuhun mengatakan...

haha .. ken wae kolot ge mang .. atuh di borondong we heuheu

M. Alex Joenaedi mengatakan...

Sampurasun, punten kasadayana ngiringan ah, nepangkeun Blogger enggal,
diantos kasumpingana di rorompok :
http://joens-tutorial.blogspot.com

Ruly Karuhun mengatakan...

Rampes mangga atuh kalebet hehe.. bagja kang tos dongkap atuh insyallah pamai aya waktos mah baris namu ..

Ruly Karuhun mengatakan...

Iya sih .. Besi sangat keras di tambah .. besi atos pisan silahkan tuang hahahaaa

Dede Thea mengatakan...

Bahasa sunda Garihal biasana suka di pakai di pasar-pasar ,baik muda ataupun tua,namun karena sudah akrab biasanya tidak merasa sakit hati,sepertinya lumrah saja,tapi bagi yang belum kenal akrab itu serasa teungteuingeun pisan euy,,,cik atuh ari ngomong teh sing baleg siah kehedddd jiakakakakak

Izzet arbess mengatakan...

blogwalking here

Indah P mengatakan...

tuh kan...bicara soal brondong2. huh

Indah P mengatakan...

silahkan dinikmati besinya

Indah P mengatakan...

Kasih emoticon kyk nya makin keren nih, komentator makin banyak

Ruly Karuhun mengatakan...

bukan brondong tapi borondong indah .. ..

Ruly Karuhun mengatakan...

haha si akang pernah nyaloan jigana mah yeuh di pasar ...
leres kang bahasa sunda seeer pisan tumpa-tumpa na ... lagi enak-enak tidur di bangunan heuheu

Ruly Karuhun mengatakan...

terimakasih sob

Ruly Karuhun mengatakan...

ntar deh di kasih emoticon nya biar ekspresif .. terimakasih suportnya ndah

Ruly Karuhun mengatakan...

Bukan berondong tapi borondong ndah

CHARLES mengatakan...

pengen belajar bahasa sunda tapi kayaknya susah amat, gmn sih biar gampang akang" sekalian.. :D

Aldir Meonk mengatakan...

Ni lo akang...........
aq dr sulawesi lebih tepat.y ( MAKASSAR ) pengen bgt belajar bahasa sunda........
akang mohon bantu aq ya...........

Maya Thusifa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Maya Thusifa mengatakan...

Punten kang, bade naros..
Hyong tiasa nyarios sunda halus napi sesah psan uy. Kmnten nya meh lancar teh ??
Kumargi eh kumargi :-D sok campuraduk sreng sunda tangerang (sunda kasar) heee..
Biar bisa menyesuaikan budaya n bahasa disana, kebetulan insya allah thn ENTAR (duka iraha) hee.. aq mau ditempatkan d bandung atanapi cianjur sbg bidan yg kata'a d bagian desa yg bahasa'a WOW bgt, OMG bgt poko'a, huhu kumaha ath iyeu teh pami aya pasien teu tiasa nyarios melayu, bisa2 culak cilek teu ngrtos :'( siga munding teu apal jln uwih.
Jadi kesimpulan'a Bersediakah dirimu mengajarkan diriku menyunda nu sopan lemah dan lembut ?? :D
Heheeee....
punteun akh rada carewed iye teh.. Dantosan nya kang jwbn sareng kasediaan'nana hee.. Hatur nuhun kasep ;-)

Abee Kozuara mengatakan...

Basa Sunda mah teu wanoh kana undak usuk basa, cara basa Jawa
Rék ngomong 'kasar' heug rék ngomong 'lemes' taya nu nyaram
prah baé teu pamali

achmad mustakim mengatakan...

thanks gan..

kunjungi ya www.situsaya.com

Sunya Bae mengatakan...

Sepi geuningan,,kamarana barudak teh kwkwkwk (bahasa sundana cirebon)

BELAJAR BAHASA mengatakan...

Bahasa sunda adalah bahasa kerajaan Galuh Pakuan yang dipimpin Prabu Siliwangi

azun fecofela mengatakan...

Mksih..ya..infonya

Posting Komentar