Budaya Sunda

Wejangan Jang Sorangan 

Budaya Sunda

Budaya Sunda adalah budaya yang tumbuh dan hidup dalam masyarakat sunda.Budaya sunda dikenal dengan budaya yang sangat menjunjung tinggi sopan santun.Pada umumnya karakter orang sunda adalah periang , ramah tamah ( Someah ) , murah senyum , lemah lembut dan sangat menghormati orang yang lebih tua. Itulah cerminan budaya masyarakat sunda. Di dalam bahasa sunda diajarkan bagaimana menggunakan bahasa halus untuk orang yang lebih tua.

Etos Budaya

Kebudayaan sunda termasuk kebudayaan tertua di nusantara. Kebudayaan sunda yang ideal kemudian sering kali dikaitkan sebagai kebudayaan masa kerajaan sunda. Ada beberapa ajaran sunda tentang keutamaan hidup. Etos dan Watak Sunda itu adalah Cageur,Bageur,Singer dan Pinter yang dapat diartikan " Sembuh " ( Waras ), " Baik , Sehat " ( Kuat ) dan Cerdas . Kebudayaan sunda juga merupakan salah satu sumber kekayaan bagi bangsa indonesia. Sistem kepercayaan spritual tradisional sunda adalah Sunda Wiwitan yang mengajarkan keselarasan hidup dengan alam. Kini hampir sebagian besar orang sunda beragama islam, namun ada beberapa yang tidak beragama islam. Walaupun berbeda tapi pada dasarnya seluruh kehidupan ditujukan untuk kebaikan alam semesta.

Nilai-Nilai Budaya

Kebudayaan sunda memiliki ciri khas tertentu yang mebedakannya dari kebudayan-kebudayaan lain.Secara umum masyarakat jawabarat atau Tatar Sunda dikenal sebagai masyarakat yang lembut , religius dan sangat spritual. Kecenderungan ini terdapat pada pameo Silih Asih , Silih Asah dan Silih Asuh . Saling Mengasihi ( mengutamakan sifat welas asih ) Saling Menyempurnakan atau memperbaiki diri ( melalui pendidikan atau berbagi ilmu ) dan Saling menjaga Diri ( Saling menjaga keselamatan ) . Pada kebudayaan sunda keseimbangan magis dipertahankan dengan cara melakukan upacara-upacara adat sedangkan keseimbangan sosial masyarakat sunda melakukan gotong royong untuk mempertahankan nya.

Postingan kali ini ditujukan buat saya pribadi sebagai cerminan untuk selalu ingat purwadaksi dan selebihnya untuk semua oang sunda yang mungkin sudah lupa atau melupakan kesundaan nya dan umumnya untuk semua masyarakat  nusantara karena pada dasarnya setiap kebudayaan mengajarkan kearifan dan kebersamaan sehingga akan menciptakan kedamaian di bumi pertiwi ini .

Urang Sunda Kamarana ?????........................


4 komentar:

Anonim mengatakan...

wahh saya bener bener gak paham :D
.

Unknown mengatakan...

Ah masa sih hehehe ..

Anonim mengatakan...

waduh mau tinggalin jejak buku tamunya ngak ada

Unknown mengatakan...

Leres pisan kang !hayu mojang sareng jajaka urang lestarikeun,urang ropea budaya urang

Posting Komentar